Top Ad unit 728 × 90

Mail Hosting

Tutorial Cara Membuat Wireless Hotspot di Windows 8

Tutorial Cara Membuat Wireless Hotspot di Windows 8

Tidak dipungkiri kini jaringan wireless sudah ada dimana-mana, seperti contoh ketika anda berada dilingkungan kampus, taman, kantor, maupun sekolah dan tempat-tempat umum lainnya. Hal ini menandakan bahwa kebutuhan akan akses internet masyarakat indonesia memang tinggi. Betul tidak ? :)

Nah berikut adalah Tutorial bagaimana anda dapat membuat wireless network anda sendiri dirumah maupun di kost.

Ada beberapa situasi di mana Anda mungkin harus membuat (wireless) hotspot nirkabel dari Windows 8 notebook Anda. Misalnya, Anda hanya memiliki koneksi LAN kabel ke Internet, tetapi memiliki wireless-satunya perangkat seperti smartphone atau tablet. Dalam situasi ini, Windows 8 notebook Anda dapat dikonfigurasi untuk bertindak sebagai router nirkabel yang menawarkan akses nirkabel ke internet untuk gadget Anda yang lain.

Lantas bagaimanakan cara untuk membuat dan membagi koneksi internet menggunakan jaringan (wireless) hotspot nirkabel ? ...

Hal ini dapat dilakukan pada Windows 8 dalam beberapa langkah:
  • Buka command prompt dengan hak Administrator. Gunakan command prompt ini untuk semua perintah yang diberikan di bawah ini.
  • Periksa apakah adaptor nirkabel memiliki dukungan untuk Hosted Network. Hal ini diperlukan untuk membuatnya bekerja sebagai hotspot nirkabel. Hal ini dapat diperiksa dengan menggunakan perintah seperti berikut:
  • netsh show wlan drivers
Perintah diatas tadi akan mencetak semua device adapter nirkabel pada notebook Anda. Carilah properti bernama Hosted network supported dan harus mengatakan Yes. Jika ia mengatakan NO, berarti Anda beruntung :(.

Lanjut, seandainya komputer/notebook anda support dengan Hosted Network maka anda dapat membuat wireless sendiri dengan perintah sebagai berikut :

Sebelumnya kita asumsikan wireless yang akan kita buat bernama "wifi_saya" dan keynya adalah "keywifisaya"


  • netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=wifi_saya key=keywifisaya
  • Kemudian aktifkan / start hosted network tadi dengan perintah command berikut :


  • netsh wlan start hostednetwork

  • Selanjutnya, kita perlu untuk menghubungkan koneksi jaringan yang memiliki akses internet ke jaringan host nirkabel ini . Untuk melakukan hal ini, buka Network and Sharing Center dan pergi ke Change adapter settings. Anda harus dapat melihat koneksi yang memiliki akses internet. Anda juga akan melihat Local Area Connection dengan nama wifi_saya. Ini akan memiliki * (tanda bintang) dalam namanya.


  • Klik kanan pada koneksi dengan akses internet dan pilih Properties. Beralih ke tab Sharing dan mengaktifkan pilihan: Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi internet komputer ini. Dalam dropdown, pilih Local Area Connection yang bernama wifi_saya


  • Itu saja! Windows 8 notebook sekarang tersedia sebagai hotspot nirkabel bernama wifi_saya yang perangkat lain dapat terhubung secara nirkabel menggunakan key keywifisaya.


  • Hotspot nirkabel ini bersifat sementara dan akan dihapus ketika Windows reboot. Jika Anda perlu hotspot ini secara teratur, kemudian buat file .bat pada desktop dengan di atas dua baris perintah di dalamnya. Shift + klik kanan pada file tersebut dan pilih Run as Administrator kapanpun Anda inginkan wifi hotspot yang akan dibuat.
  • Jika mengalami masalah, silahkan lihat artikel berikut ini Cara Untuk Memperbaiki Akses Internet Host Jaringan pada Windows.

    Tutorial Cara Membuat Wireless Hotspot di Windows 8 photo Reviewed by 《B》《H》《K》 on 07.06 Rating: 5
    All Rights Reserved by Coretan Gaptek © 2018

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Diberdayakan oleh Blogger.