Top Ad unit 728 × 90

Mail Hosting

Cara MenCharger Baterai Handphone Yang Baik dan Benar

Sobat sudah tahu bagaimana Cara MenCharger Baterai Handphone Yang Baik dan Benar agar awet ?... Apakah cara yang saat ini sobat gunakan sudah benar ?... mau tau jawabannya, silahkan simak baik-baik, artikel ini akan memberikan Tips-tips bagaimana Cara MenCharger Baterai Handphone Yang Baik dan Benar agar awet.
  1. Hal yang paling dasar agar memaksimalkan pengisian charger / cas baterai HP adalah membaca buku petunjuk / manual book Handphone yang baru Anda beli.
  2. Jika memang sobat malas untuk membacanya, silahkan bertanya kepada service center resmi dari produsen baterai atau handphone yang anda beli.
  3. Kalau cara diatas masih malas juga untuk melakukannya, silahkan baca,pelajari, dan terapkan beberapa tips dari saya bagaimana Cara MenCharger Baterai Handphone Yang Baik dan Benar dibawah ini.

Berikut adalah Cara MenCharger Baterai Handphone Yang Baik dan Benar :
  1. Gunakan hanya charger dan baterai yang sesuai untuk type handphone tersebut (asli atau original, jangan suka yang palsu alias abal-abal).
  2. Jika baterai masih Full atau setengah Full, gunakan saja sampai baterai habis. kemudian chargerlah bila sudah habis.
  3. Baterai baru akan terisi secara optimal setelah 2 hingga 3 kali pengisian dan pengosongan. Maksudnya, isi baterai baru tersebut sampai penuh dan gunakan sampai habis baru diisi kembali (jangan sebentar-bentar dicharger), lakukan sampai 2 atau 3 kali siklus, baru baterai tersebut akan mencapai titik optimalnya untuk menampung daya listrik.
  4. Segera cabut charger dari handphone setelah baterai penuh. Membiarkan charger tetap menancap dengan arus yang terus mengalir akan memperpendek umur baterai ! (mengakibatkan baterai mengelembung, mudah ngedrop dan kerusakan lainya).
  5. Ketika pengisian, usahakan tidak menggunakan handphone tersebut. Biarkan baterai terisi sampai Full ! Menggunakan handphone saat sedang dicas / diisi akan mengakibatkan lamanya waktu pengisian dan akan berdampak memperpendek umur baterai!.
  6. Chargerlah baterai dalam keadaan Handphone Off / Mati (RECOMENDED), tapi boleh diisi dalam keadaan on, terserah mau pilih yang mana.

Dan berikut adalah Tips-tips bagaimana Cara MenCharger Baterai Handphone Yang Baik dan Benar agar umur baterai menjadi awet tahan lama
  1. Lakukan Pengecasan yang benar dan tepat

    Pengecasan yang benar dan tepat adalah pada saat indikator pada baterai menunjukkan batas minimal (1 garis / berwarna merah) , jangan sampai sudah didahului "bunyi" atau ada tulisan "baterai Lemah". Bila bunyi atau notifikasi baterai lemah muncul berkali-kali, ini akan mengakibatkan kerusakan bukan hanya pada baterai tetapi akan merembet rusaknya hardware handphone.
    Saran : Pada saat HP berbunyi dan mengingatkan baterai lemah, apabila tidak memungkinkan isi baterai(cas) sebaiknya HP dinonaktifkan saja. Hal ini untuk menyelamatkan baterai dari kemungkinan kerusakan dan penurunan performa baterai. Jangan tunggu sampai HP mati dengan sendirinya. Antisipasi : bawa baterai cadangan, atau charger portable ( cari di toko yang resmi, belilah yang asli. ingat jangan suka dengan yang palsu).
  2. Proses Pengecasan yang benar dan tepat

    Proses lamanya Pengecasan pada umumnya sekitar 3 sampai 4 jam, tetapi lebih baik segera menghentikan pengecasan begitu indikator baterai sudah menunjukkan penuh atau ada tulisan "baterai penuh". Segera hentikan dan cabut Charger dari Handphone. Namun sayang sekali, pada sebagian kasus banyak orang masih beranggapan bahwa makin lama pengecasan akan semakin baik/semakin tahan lama. Ada pula yang mengecas semalam suntuk, hal ini harus di perhatikan karena mengakibatkan baterai cepat rusak (menggelembung). Sebaliknya, pengecasan yang tidak maksimal/tidak sampai indikator penuh akan menimbulkan penurunan performa baterai, dipakai sebentar saja sudah pasti akan ngedrop.
    Saran : Lakukan pengecekan pada handphone yang sedang dicas, paling tidak 1 atau setengah jam sekali. Dengan begini kita akan mengetahui dengan pasti apakah baterai tersebut sudah terisi full atau belum.
  3. Alat dan cara pengecasan yang benar dan tepat

    1. Charger / Cas
      Sangat disarankan untuk memakai cas yang original, jika memang charger yang original sudah rusak, sobat tidak usah kuatir. Dipasaran banyak sekali model-model charger / cas baru dan menarik yang sesuai dengan berbagai tipe handphone saat ini, tinggal pilih mau yang mana, pastikan sebelum membeli sobat telah mencobanya dan lakukan perjanjian untuk berjaga-jaga seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan (seperti meminta garansi walaupun cuma 1 minggu / 1 bulan)

    2. Pengecasan
      Dianjurkan untuk mematikan handphone pada saat melakukan pengecasan, jika handphone dalam keadaan menyala, hal ini akan memperlambat proses pengecasan dan membuat si handphone bekerja extra ( melakukan pengecasan dan running mode stand by)
Nah, semoga dengan Cara MenCharger Baterai Handphone Yang Baik dan Benar ini, dapat membantu sobat semua. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan ditanyakan melalui form komentar dibawah. Selamat Mencoba.

Baca juga :

Free Download ESET Smart Security 7 Beta Full License 

Cara MenCharger Baterai Handphone Yang Baik dan Benar photo Reviewed by 《B》《H》《K》 on 00.31 Rating: 5
All Rights Reserved by Coretan Gaptek © 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.