Top Ad unit 728 × 90

Mail Hosting

Cahaya Bergerak Diatas Tulisan atau Text

Selamat malam sobat, kali ini kita akan bahas bagaimana Membuat Cahaya Bergerak di Atas Tulisan.Saya menggunakan aplikasi Dreamweaver 8, Yang di dalamnya sudah terdapat program Flash. Ok deh langsung saja kita Praktek gimana sih caranya membuatnya :

Pertama buka START-ALL PROGRAM-DREAMWEAVER-FLASH. setelah ituuu .........
1.Buat file baru dan sebuah tulisan didalamnya. Sebaiknya tulisan berwarna abu abu dengan background berwarna hitam. Ukuran stage sebaiknya jangan terlalu besar, secukupnya sehingga dapat memuat tulisan.

 
2. Klik kanan tulisan tersebut dan pilih menu copy, untuk mengkopi tulisan tersebut.
buat layer yang baru yaitu layer 2 dan pastikan aktif layer berada pada layer 2 tersebut. Klik kanan pada stage dan pilih menu paste in place, untuk menempelkan tulisan yang sebelumnya sudah kita kopi kedalam layer 2. Sehingga kita mempunyai dua tulisan yang sama pada layer 1 dan layer 2 dan.bertumpuk. Karena tulisan bertumpuk maka pada stage yang tampak hanya satu tulisan.



3. Buat sebuah layer baru lagi yaitu layer 3, dan letakkan aktif layer pada layer 3.
 

4. Buat sebuah persegi yang tingginya sama dengan dua kali tinggi tulisan dan lebar secukupnya. Gunakan warna linear gradien dengan menggunakan panel fill dengan  settingnya seperti berikut:
warna sama dengan warna huruf Warna putih dan buat alur gradient vertikal sejajar dengan tinggi gambar :
 

Hasilnya

 
5. Hilangkan garis tepi dari persegi empat dengan cara mengklik tepinya dan tekan tombol delete

 
6. Putar gambar 450 searah jarum jam dengan menggunakan fungsi rotate.
 

7. Blok gambar tersebut dan pilih menu insert>convert to symbol untuk merubah gambar tersebut ke dalam symbol grafik atau movie clip, lalu letakkan gambar pada sebelah kiri dari tulisan.
 
8. Masih tetap pada layer 3, insert keyframe pada frame 20 sehingga gambar yang ada pada frame 1 tercopy ke frame20.
9. Karena tulisan hanya ada pada frame 1 maka pada frame 20 tidak terdapat tulisan. Agar tulisan muncul pada frame 20 maka pilih menu insert frame pada frame 20 di layer 1 dan begitu juga dengan layer 2. 
 
10. Kembalikan aktif layer pada layer 3 dan letakkan penunjuk frame pada frame 20. Pindahkan gambar yang ada pada frame 20 layer 3 ke sebelah kiri tulisan.
11. Letakkan penunjuk fram pada frame 1 layer 3 dan gerakkan gambarnya dengan menggunakan tweening motion pada panel frame.
12. Pada layer 3 yang digunakan untuk animasi yang berada paling atas pindahkan menjadi di tengah dan bertukar dengan layer 2 menjadi diatas. caranya dengan mendrag tulisan layer 3 ke arah bawah.
 
13. Klik kanan layer 2 dan pilih menu mask dan pastikan layer 3 menjadi link dari mask tersebut sehingga nampak seperti gambar dibawah.
14. Jika langkah langkah yang dilakukan sudah benar maka hasilnya akan tampak cahaya putih yang melewati tulisan.
.
Bagaimana sobat , Tertarik untuk mencobanya ... silahkan sobat praktekkan cara-cara di atas dengan benar, jangan sampai ada yang terlewatkan 1 nomor pu, karena resikonya animasi text sobat tidak akn jalan nantinya . hehee
SEMANGAT BELAJAR

Cahaya Bergerak Diatas Tulisan atau Text photo Reviewed by 《B》《H》《K》 on 02.06 Rating: 5
All Rights Reserved by Coretan Gaptek © 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.